annyeonghaseyo^^ Selamat Datang diblogku~ semoga bermanfaat yaa^^ terimakasih sudah berkunjung^^~

Rabu, 30 September 2015

Tugas SIM1

1.  Dari Uraian singkat mengenai definisi Informasi yang anda ketahui, kebutuhan informasi apa yang sangat mendasar bagi suatu perusahaan dalam mengembangkan manajemennya?
Sebutkan dan jelaskan hal tersebut berikut contoh perusahaan yang memanfaatkan informasi tersebut.

a.      Definisi informasi yaitu :
Informasi adalah Sekumpulan data/fakta yang diolah dengan cara tertentu sehingga mempunyai arti bagi penerima. Data yang telah diolah menjadi sesuatu yang berguna bagi sipenerima maksudnya yaitu dapat memberikan keterangan atau pengetahuan.
Dengan demikian yang menjadi sumber informasi adalah data. Informasi dapat juga di katakan sebuah pengetahuan yang diperoleh dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi. Contoh informasi : dokumen dalam Microsoft exel, berbentuk spreadsheet seringkali digunakan untuk membuat sebuah informasi dari data yang terdapat di dalamnya, seperti laporan untung, rugi dan neraca adalah bentuk informasi dan angka yang terdapat di dalamnya adalah data.

Definisi Informasi menurut ahli :
·    Menurut Gordon B.davis yaitu data yang diolah menjadi bentuk yang memiliki arti sipenerima dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau yang akan datang.
·  Menurut Gordon G.Burch adalah hasil pembentukan penyusunan, pengorganisasian, atau pengubah data yang menambah tingakat pengetahuan.
Dapat disimpulkan bahwa suatu informasi yaitu “Data yang telah diolah yang dapat digunakan sebagai keterangan dalam suatu pengambilan keputusan dalam suatu pengorganisasian”.

b.  Kebutuhan informasi yang sangat mendasar bagi suatu perusahaan dalam mengembangkan perusahaannya adalah :
·        Memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen
·        Tingkat kepercayaan pada suatu produk dari perusahaan tersebut
·  Cerminan dari kualitas produk yang telah berhasil meraih kepercayaan pelanggan dalam pasar yang kompetitif ini.
·      Bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan dari Eropa dan Amerika, guna memelihara dan memperbaiki kualitas produk
·  Konsep internal dalam dampak eksternal yang memiliki perhatian dan kepedulian nyata terhadap lingkungan
·       Pelatihan intensif yang dilakukan oleh tenaga internasional sebagai para ahli dalam bidang ini.

Contoh : Perusahaan PT.INDOFOOD SUKSES MAKMUR Tbk
Kebutuhan informasi yang mendasar untuk mengelola manajement pada perusaan PT.INDOFOOD SUKSES MAKMUR Tbk adalah :

1.      Pengaturan keuangan dan akutansi yang baik di perusahaan 
2.      Pengaturan sistem manajement yang baik pada perusahaan 
3.      Perencanaa kegiatan organisasi dan manajement yang memadai 
4.      Pendistibusian barang dan jasa beserta kendala dan tempat
5.      Adanya persaingan dunia untuk produksi dalam skala besar 
6.      Adanya pengaruh ekonomi internasional 
7.      Peningkatan mutu produksi agar lebih berkembang 
8.      Adanya daya saing jual dalam skala global 

Dan yang lebih penting lebih mengetahui apa yang dibutuhkan oleh masyarakat dan mengutamakan kualitas dan kebutuhan yan dibutuhkan oleh konsumen agar produk tersebut yg dihasilkan atau diproduksi tersebut dapat dipasarkan dan dapat diterima oleh masyarakat.

2.      Sebut dan jabarkan lima bentuk sumber yang dikelola oleh seorang manajemen?
      Lima bentuk sumber yang dikelola oleh seorang manajemen yaitu :

a.      Manusia : Manusia berperan penting dalam proses pengeolalaan Manajemen, karena disinilah titik tonggak pengolahan Informasi yang akan disampaikan dan diatur dalam sebuah proses manajemen pada suatu perusahaan atau instansi tertentu.
b.      Material : Material merupakan salah satu sumber yang bisa dikelola seorang Manajer untuk dijadikan barang modal yang akan di proses dalam sistem informasi manajemen ataupun perusahaannya sendiri untuk ditransaksikan.
c.      Mesin : Merupakan salah satu sumber penghasilan dan penyempurnaan dari material yang sudah diolah dan bisa menjadikan sebuah alat yang bisa mendatangkan keuntungan dari hasil proses dan transaksi yang dilakukan. dan bisa membantu dalam kelancaran proses kegiatan dalam sebuah perusahaan.
d.      Uang : Merupakan Modal yang sangat penting dalam menunjang aktivitas dan keseimbangan proses manajemen yang diterapkan serta menjadi sebuah sarana penting dalam sebuah perusahaan.
e.      Informasi : Merupakan data data yang perlu disimpan dan diolah karena sangat penting, setiap Informasi yang masuk perlu diolah dan didistribusikan kepada 4 titik point penting seperti yang dijelaskan diatas, sebagai contoh informasi pangsa pasar dan pendisitribusian barang yang akan menjadi sangat fatal jika ditanggapi dengan salah.

3.  Elemen lingkungan adalah organisasi/individu yang berada diluar perusahaan dan mempunyai pengaruh langsung dan tak langsung pada perusahaan.
Sebut dan jelaskan elemen-elemen lingkungan manakah yang dapat secara mudah berhubungan dengan perusahaan yang menggunakan transmisi elektronik?
Alat-alat pendukung dalam transmisi elektronik yaitu:
·   Internet yang ada disetiap perusahaan dapat digunakan untuk mengetahui perkembangan pasar modal, pengiriman,pendistribusian barang maupun jasa untuk dkelola agar lebih baik.
·   Telephone, dengan menggunakan alat komunikasi yaitu telephone dalam perusahaan dapat saling terhubung antara perusahaan lainnya atau dengan konsumen
·   Faximille atau telegram dapat digunakan untuk mengirim dan menerima informasi-informasi yang terkait dengan proses pengolahan data informasi secara manual.
·  Jaringan komputer kabel atau nirkabel dapat digunakan dalam suatu perusahaan dengan konsumen atau dengan instansi tertentu dalam suatu kerjasama yang baik

Elemen elemen lingkungan yang berhubungan dengan perusahaan meliputi :
a.      Perusahaan dan Pemerintah
Data yang dibutuhkan Perusahaan pada Pemerintah, antara lain : Data UU Tenaga Kerja, Data Peraturan Pemerintah. Sedangkan yang dibutuhkan Pemerintah pada perusahaan, antara lain : Data Laporan Pajak, Data  Jumlah Karyawan, dan Data Kebijakan Pemerintah.

b.      Perusahaan dan Masyarakat Keuangan
Data yang dibutuhkan Pemerintah pada Masyarakat Keuangan, antara lain : Data Tingkat Suku Bunga dan Data Prosedur Kredit. Sedangkan yang dibutuhkan Masyarakat Keuangan pada Pemerintah, antara lain : Data Profil Perusahaan, Data Legalitas Perusahaan,Data Keuangan Perusahaan, Data Penjualan, Data Produksi.

c.      Perusahaan dan Pemasok
Data yang dibutuhkan Perusahaan pada Pemasok, antara lain : Data Daftar Barang, Data Produksi, Data Harga Jual, Data Keluar Masuk Barang, Data Kualitas Barang. Sedangkan data yang dibutuhkan Pemasok pada Perusahaan, antara lain : Data Profil Perusahaan, Data Pembelian Barang, dan Data Keuangan.

d.      Perusahaan dan Pelanggan
Data yang dibutuhkan Perusahaan pada Pelanggan, antara lain : Data Keuangan Pelanggan, Data Profil Pelanggan, Data Daya Beli Pelanggan, Data Pribadi Pelanggan. Sedangkan data yang dibutuhkan Pelanggan pada Perusahaan, antara lain : Data Kualitas Produk, Data Harga Produk, Data Stock Produk.

e.      Perusahaan dan Serikat Buruh
Data yang dibutuhkan Perusahaan pada Serikat Buruh, antara lain : Data Keanggotaan Serikat Buruh dan  Data Pribadi Serikat Buruh. Sedangkan data yang dibutuhkan Serikat Buruh pada Perusahaan, antara lain : Data Peraturan Kerja, Data Upah, Data Jabatan, dan Data Perusahaan.

f.       Perusahaan dan Pemegang Saham / Pemilik
Data yang dibutuhkan Perusahaan pada Pemegang Saham / Pemilik, antara lain : Data Pribadi Pemegang Saham, dan Data Investasi Pemegang Saham. Sedangkan data yang dibutuhkan Pemegang Saham pada Perusahaan, antara lain  : Data Laporan Keuangan, Data Pemegang Saham, Data Pangsa Pasar, dan Data Profil Perusahaan.

g.      Perusahaan dengan Masyarakat Global ( Bisnis )
Data yang dibutuhkan Perusahaan pada Masyarakat Global, antara lain : Data Profil Perusahaan, Data Legalitas Perusahaan, dan Data Perjanjian Kerjasama. Sedangkan data yang dibutuhkan Masyarakat Global pada Perusahaan, antara lain : Data Audit Internal, Data audit Eksternal, Data Administrasi, Data Legalitas Perusahaan, Data Profil Perusahaan.

h.      Perusahaan dan Pesaing
Data yang dibutuhkan Perusahaan pada Pesaing, antara lain : Data Penjualan Pesaing, Data Sumber daya Manusia Pesaing, Data Sumber Daya Sistim pesaing dan Data Informasi Dari Customer tentang Pesaing. Sedangkan yang dibutuhkan Pesaing pada Perusahaan, antara lain : Data Profil, Data SDS, Data SDM.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar