Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) saat ini sangat berkembang pesat di masyarakat.
Perkembangan TIK pun terus meningkat seiring dengan meningkatnya
kebutuhan manusia. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat
memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari
mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja.
Universitas
Gunadarma dengan visinya ”menjadi universitas berbasis teknologi informasi
dan komunikasi terkemuka di Indonesia, yang kontribusinya dalam bidang
pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat diakui (reconized)
baik di tingkat regional maupun internasional,” telah menyadari akan
berbagai ancaman, kendala, dan kesempatan sebagai dampak dari upaya pencapaian
visi tersebut. Oleh sebab itu, berbagai program pengembangan teknologi
informasi dan komunikasi telah dilakukan. Upaya tersebut meliputi pengembangan
infrastruktur, yaitu pembangunan sistem jaringan komputer dengan model hybrid
(menggunakan beragam teknologi seperti fibre optic, wireless, wireline);
peningkatan koneksi Internet; dan mengembangkan sistem informasi akademik dan
fasilitas aplikasi berbasis web lainnya. Hal ini ditujukan agar visi yang telah
ditetapkan menjadi lebih cepat terealisasikan.
Visi dan Misi pengembangan TIK Universitas Gunadarma
Dengan
mengacu ke visi dan misi Universitas Gunadarma, visi dan misi
Universitas khusus untuk pengembangan dan penerapan TIK (UG ICT Strategic
Planning) adalah sebagai berikut:
Visi:
Pada tahun 2012 Universitas Gunadarma termasuk
perguruan tinggi yang berada di posisi terdepan dalam pengembangan dan
penerapan teknologi informasi dan komunikasi, baik untuk kepentingan proses
pendidikan maupun dalam dalam upaya pengembangan daya saing bangsa di
lingkungan global.
Misi:
·
Menyediakan layanan teknologi informasi dan komunikasi
untuk mewujudkan suasana akademis yang kondusif dalam proses belajar mengajar-
yang menerapkan metode belajar yang inovatif dan menitikberatkan pada
pendekatan student centered learning.
·
Memberikan layanan informasi akademik berbasis
teknologi informasi dan komunikasi ke civitas academica dan pemangku
kepentingan eksternal dalam upaya mewujudkan akuntabilitas publik dan
transparansi informasi.
·
Mengembangkan dan menerapkan teknologi informasi dan
komunikasi dalam rangka mewujudkan good university governance oleh setiap unit
kerja di Universitas Gunadarma.
·
Mengembangkan dan menerapkan teknologi informasi dan
komunikasi dalam mendukung kegiatan penelitian dalam bentuk akses informasi
penelitian, penelitian dan pengembangan penelitian di bidang TIK, serta
diseminasi hasil penelitian civitas academica dan pihak eksternal
·
Memberikan kontribusi dalam meningkatkan penetrasi TIK
dalam rangka mewujudkan digital society melalui pengembangan dan penerapan TIK
dalam kegiatan pengabdian masyarakat dan kerja sama dengan pihak eksteral.
A.
Sejarah Perkembangan Fasilitas TIK Universitas
Gunadarma.
Perkembangan fasilitas TIK di Universitas Gunadarma
diawali pada tahun 1982.
·
Pada tahun tersebut Universitas Gunadarma melakukan pembelian
komputer yang digunakan untuk proses pendidikan.
Pada Tahun 1988-1995.
·
Gunadarma mendapat bantuan berupa komputer dari
presiden yang digunakan untuk kegiatan kursus pembekalan.
·
Gunadarma juga melakukan Pengembangan Sistem Manajemen
Akademik Online untuk pengisian KRS, basis data mahasiswa, pengolahan nilai,
KTM dan Pemasangan jaringan intranet pertama dengan 10-base-5 di Kampus Kelapa
Dua
Pada Tahun 1996.
Pada Tahun 2000.
·
Peluncuran staffsite di
http://staffsite.gunadarma.ac.id yaitu untuk informasi pembelajaran dari setiap
dosen dan Upgrade kapasitas koneksi internet sebesar 1 Mbps.
Pada Tahun 2002-2003
· Peluncuran career center di
http://career.gunadarma.ac.id dan digital library di
http://library.gunadarma.ac.id.
Pada Tahun 2004-2006.
·
Pemasangan backbone Fiber Optics di tiga lokasi kampus
yaitu Kampus D, Kampus E, dan Kampus G. Selain itu pula, Peningkatan bandwidth
internet dari 2 Mbps menjadi 16 Mbps.
Pada Tahun 2007
·
Penambahan kapasitas bandwidth dari 16 Mbps menjadi 26
Mbps.
·
Peluncuran repository system di
http://repository.gunadarma.ac.id
·
Peluncuran e-learning system di
http://elearning.gunadarma.ac.id
Pada Tahun 2008
·
Peluncuran desain baru website Universitas Gunadarma
beserta subdomain pendukung lainnya
·
Penambahan bandwidth Internet dari 26 Mbps menjadi 30
Mbps
·
Peluncuran beberapa layanan informasi akademik
berbasis web yang
meliputi:
·
UG Open Courseware di http://ocw.gunadarma.ac.id
·
UG News di http://ugnews.gunadarma.ac.id
·
UG Community di http://community.gunadarma.ac.id.
B. Fasilitas
Pembelajaran Berbasis TIK di Universitas Gunadarma
Berbagai
sarana dan prasaranan yang digunakan untuk mendukung proses belajar-mengajar
telah dikembangkan yaitu UG-Elearning Center, UG-Staffsite, UG Student Site,
UG-Library center, Internet Lounge, Integrated Lab, dan fasilitas UG-Hot Zone.
1. UG SAP (http://sap.gunadarma.ac.id/)
Satuan Acara Perkuliahan (SAP) berisi rincian
materi kuliah setiap pertemuan kuliah dan berikut tujuan belajarnya serta
buku-buku acuan untuk belajar. Yang dimaksud tujuan belajar ialah apa yang
minimal dikuasai mahasiswa setelah mendapat materi perkuliahan.
2. Virtual Class (http://v-class.gunadarma.ac.id/)
2. Virtual Class (http://v-class.gunadarma.ac.id/)
Virtual Class adalah salah satu fasilitas layanan dari
Digital Learning yang dapat membuat proses belajar-mengajar berjalan tanpa
perlu adanya tatap muka antara pengajar dan siswa. Website ini untuk
berinteraksi dengan dosen di dunia maya ketika dosen berhalangan hadir mengajar
dalam kelas.
3. BAAK Online (http://baak.gunadarma.ac.id/)
BAAK Universitas Gunadarma adalah biro yang menangani
segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar
dan administrasi akademik bagi seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma. Dalam
fitur BAAK online ini mahasiswa dapat melihat jadwal perkuliahan sesuai dengan
kelas masing-masing serta mahasiswa dapat melihat informasi dengan cepat dan
tidak perlu datang ke kampus untuk melihat informasi terbaru.
4. UG Staffsite (http://staffsite.gunadarma.ac.id/)
Staffsite yang merupakan homepage resmi dosen, untuk
media informasi dan komunikasi dari dosen yang bersangkutan ke civitas
academica atau masyarakat. Situs dosen dapat digunakan sebagai fasilitas
diseminasi sumber ajar kepada mahasiswa, di mana dosen dapat menyediakan sumber
ajar maupun sumber ilmu pengetahuan lainnya yang dapat diakses oleh
mahasiswa.
5. UG Studentsite (http://studentsite.gunadarma.ac.id/)
Situs mahasiswa (studentsite) disediakan untuk
memperoleh informasi dari dosen maupun program studi yang dapat secara langsung
diketahui melalui situs mahasiswa tersebut. Situs ini dapat digunakan untuk
mendukung proses belajar-mengajar yaitu melalui (a) informasi jadwal kuliah dan
ujian, (b) informasi atau tugas dari dosen, dan (3) Daftar Nilai Sementara
(DNS).
6. UG Library (http://library.gunadarma.ac.id/)
UG Library
adalah pelayanan perpustakaan secara online yang dimiliki Universitas Gunadarma
untuk menunjang kegiatan perkuliahan. UG Library ini berfungsi sebagai sumber
informasi untuk proses belajar mengajar yang dilakukan mahasiswa dengan dosen
yang bersangkutan.
7. UG Integrated Lab/Remote Lab (http://ilab.gunadarma.ac.id/)
UG Integrated Lab adalah suatu fasilitas yang
terdapat di Universitas Gunadarma yang bersifat praktikum. Praktikum Ilab
berbeda dengan laboratorium komputer regular yang dimiliki setiap program
studi. konsep dari Ilab adalah praktikum mandiri yaitu praktikan mengerjakan
praktikum secara mandiri, tidak ada asisten praktikum seperti di laboratorium
regular lainnya yang membantu praktikan jika ada kesulitan.
8. UG HotZone
Fasilitas yang memudahkan setiap sivitas akademika
Universitas Gunadarma untuk mengakses internet gratis di seluruh lokasi kampus
dengan mudah dan cepat terutama bagi mereka yang memiliki laptop, handphone,
yang sudah fasilitas WiFi.
9. UG Internet Lounge
9. UG Internet Lounge
Internet lounge adalah ruang yang dapat digunakan oleh
mahasiswa untuk akses internet secara gratis. Fasilitas ini terdapat di kampus
D, kampus E dan kampus J. Fasilitas ini dapat digunakan mahasiswa dengan
menunjukkan Kartu Mahasiswa dan sebelumnya mahasiswa tersebut sudah
mengaktifkan studentsite.
C. Evaluasi Kendala TIK di Universitas
Gunadarma.
Kendala.
Dalam
melakukan pemeliharaan jaringan computer Universitas Gunadarma tidak terlepas
dari kendala kendala baik yang bersifat non teknis maupun yang bersifat teknis
dan kendala gangguan alam yang kadangkala terjadi. Disini saya merangkum
beberapa kendala yang saya rasakan dalam menggunakan fasilitas TIK di Gunadarma
selama saya kuliah 3 semester ini. Beberapa kendala yang sering terjadi adalah:
1. Server untuk
sistem informasi akademik (cek nilai ipk) kadang-kadang mengalami gangguan
operasi (down).
2. Ada beberapa
titik atau wilayah di lingkungan kampus yang belum terjangkau oleh Access Point
(UG-Hotzone) khususnya di Kampus J3 (kalimas).
3. Pemanfaatan
UG-Mobile System oleh mahasiswa relatif masih rendah.
Solusi Mengatasi Kendala.
Kendala-kendala
yang terjadi diatas seringkali menghambat Sistem informasi Akademik yang
berjalan diatas infrastruktur yang ada. Berikut ini adalah usulan sebagai
solusi dari kendala yang terjadi diatas:
1. Upgrade atau
penggantian Server dengan bandwith / spesifikasi yang lebih tinggi
2. Penambahan
fasilitas access point, yang diawali dengan pemetaan atau survey wilayah di
lingkungan kampus yang belum terjangkau oleh UG-Hotzone.
3. Sosialisasi
UG-Mobile System yang lebih intensif ke mahasiswa, khususnya mahasiswa baru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar